Pages

Senin, 14 November 2011

Aplikasi Classroom Management


Aplikasi classroom management pada umumnya diterapkan dalam jaringan komputer, yang terdiri dari dua aplikasi yang saling menunjang  yaitu aplikasi ruang kerja guru dan aplikasi ruang kerja siswa. Fasilitas inti dari aplikasi classroom management yang sangat dirasakan manfaatnya adalah kemampuan Remote Client/Server, dan teknologi komunikasi Chat/Messenger. Aplikasi classroom management yang bersifat komersial yang biasa digunakan ialah seperti aplikasi : Netop School, Netsupport School, dan lain-lain. Pada kali ini aplikasi classroom management yang akan dibahas secara mendalam adalah Netop School Version 6.02, sebagai berikut.



Netop School adalah salah satu aplikasi classroom management yang diciptakan oleh Netop Bussiness Solutions A/S yang berasal dari Denmark. Aplikasi ini memberikan kemudahan-kemudahan bagi dosen/guru/pengelola warnet untuk memantau kerja mahasiswa/murid/user di laboratorium komputer anda. Netop School memiliki fungsi spesifik sebagai berikut:










Spesifikasi yang diperlukan untuk dapat memasang sebagai berikut



Netop School terdiri dari dua aplikasi yaitu Netop Teacher dan Netop Student, penjelasan lebih lanjut sebagai berikut

Netop Teacher
Netop Teacher adalah aplikasi Netop School yang diterapkan pada komputer server yang biasa digunakan oleh guru. Tampilan ruang kerja guru pada Netop Teacher seperti ini



Ruang kerja ini memiliki dua komponen penting:
  1. Tombol tampilan/views di kiri yang dapat gunakan untuk memilih saat guru ingin melihat aktivitas yang dilakukan siswa pada saat mengoperasikan komputer yang menampilkan situasi yang berbeda pada halaman bagian utama/tengah tergantung tombol tampilan yang dipilih. Tombol tampilan yang digunakan dalam situasi yang berbeda:
·         Situasi mengajar Harian: Lihat Detail, Lihat Kelas dan Lihat Rencana Pelajaran
·         Mengamati siswa: Thumbnail View dan Lihat Aktivitas
·         Mempersiapkan pelajaran: Rekaman Lihat dan Lihat Pengujian - dan bagian perencanaan Pelajaran Rencana Tampilan
·         Menyiapkan kelas untuk situasi kerja yang berbeda: View Setup Kelas.

  1. Menu pada aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas mengajar sehari-hari, seperti misalnya untuk menunjukkan siswa bagaimana melakukan sesuatu, untuk memantau siswa untuk mengetahui apakah mereka telah memahami tugas, atau untuk memberikan tes.

Netop Student
Netop Student adalah aplikasi Netop School yang diterapkan pada komputer client yang biasa digunakan oleh siswa. Dalam ruang siswa terdapat dua mode konfigurasi dasar yaitu:

a.        Modus Terlihat                 

    Jika modul Mahasiswa Netop berjalan dalam mode terlihat, Anda memiliki akses ke semua fitur dalam modul. Jendela kadang-kadang mungkin tampak diminimalkan dan diwakili dengan ikon dalam area notifikasi.

b.       Modus Tersembunyi     

      Jika modul Mahasiswa Netop berjalan dalam mode tersembunyi atau stealth, hanya satu pilihan yang tersedia: klik dua kali ikon sabuk kehidupan untuk meminta bantuan dari guru.


Referensi

1 komentar:

  1. maaf gan kapasitas netop school berapa ,,,ko ane cuma 4 studen yang bisa pas ke 5 nggak konek semua

    BalasHapus