Pages

Jumat, 01 Maret 2013

Muslim Sejati (True Muslim)


Teringat dulu saat di Rohis SMA pas disuruh nulis cita-cita, apa coba? saya ingin jadi muslimah sejati. Eh pas di Rohis kampus di suruh Kultum tentang Muslim Sejati, ok langsung aja :D


Rasulullah SAW bersabda "Jika terjadi masalah besar diantara kalian, maka ucapkanlah Hasbunallaah wani'mal wakiil (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung)"


Pengertian Muslim Sejati
Muslim sejati merupakan sosok makhluk Allah yang tidak pernah takut dan gentar akan segala hal kecuali kekhawatirannya untuk tidak selalu bersama Allah dalam setiap langkah dan gerak-geriknya.kekuatan dan keteguhan iman yang ditimbulkan dari Hasbunallaah wani'mal wakiil mampu mengantarkannya menuju pada puncak ketakwaan, dimana dalam jiwa muslim sejati hanya Allah yang bersemayam dalam dirinya. Jika di dalam jiwanya telah bersemayam Allah, maka kegelapan apapun akan menjadi terang, dan permasalahan apapun akan terselesaikan.
Seorang muslim sejati akan yakin segala keperluan hidupnya telah mendapat jaminan dari Allah. Ia yakin jika keimanannya kuat, maka ia akan menempati derajat yang tinggi di sisi Allah.
Rasulullah saw pernah mengatakan bahwa seorang muslim adalah orang yang dengan mulut dan tangannya membuat orang lain merasa damai. Tutur katanya tidak menyakiti dan perilakunya tidak memalukan. Kedua unsur perilaku ini menyatu, saling melengkapi untuk membentuk karakter sebagai muslim sejati.

Keutamaan Muslim Sejati
Muslim sejati akan mampu menepis segala bentuk ketakutan yang menjadi sifat kemanusiaannya, sehingga hanya sifat pemberani-lah yang bersemayam dalam jiwanya. Karakter seperti ini hanya bisa didapat jika Hasbunallaah wani'mal wakiil dengan tingkah laku yang menunjukkan bahwa Allah-lah yang akan memberi kekuatan dan memberi pertolongan. Sehingga tidak ada ragu menapaki jalan yang benar dan tak gentar menghadapi segala rintangan.
Muslim sejati tidak takut dihina, dan mampu merendam amarah ketika ia terhina, sehingga mampu memberikan senyuman maaf kepada mereka. Karena ia yakin Allah-lah yang akan melindunginya dari segala keburukan penghinaan. Dan di dalam dirinya terucap kata, “lebih baik memaafkan akan mendapat pahala, daripada membalas penghinaan setimpal hanya dapat puas dan impas namun tak dapat apa-apa, biar Allah sajalah yang akan menampakkan bahwa penghinaan mereka terhadap diriku tidaklah benar.”

Ciri Muslim Sejati
Menjadi muslim sejati tidak cukup sekadar pengakuan, karena belum tentu diakui Allah swt, sebagai mana firman-Nya QS Al Baqoroh:8.
Oleh karena itu ada lima ciri muslim sejati yang keimanannya diakui oleh Allah swt,
  1. Bertakwa kepada Allah swt (QS Ali Imran:102)
  2. Masuk ke dalam islam secara kaffah (total) sehingga seluruh aspek kehidupan dijalani sesuai dengan nilai-niai islam (QS Al-Baqarah:208)
  3. Selalu terwarnai dalam sibghah atau terwarnaidengan nilai-nilai yang datang dari Allah swt (QS Al-Baqarah:138)
  4. Istiqamah ataumemiliki pendirian yang kuat dalam mempertahankan nilai-nilai islam dalam kehidupannya (QS Al-Ahqaaf:13)
  5. Memiliki sikap tawazun atau keseimbangan antara duniawi dengan ukhrawi (QS Al-Qashshash:77)


Referensi
“Ampuhnya Kalimat Hasbunallaah Wani'mal Wakil” oleh Ahmad Fathoni El-Kaysi
“160 Materi Dakwah Pilihan” oleh H. Ahmad Yani
http://rainbroccoli.wordpress.com/about/menjadi-muslim-sejati-dengan-menjaga-perasaan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar