120423
TKIT Al Irsyad Bandung
QS Ar Rum : 30
Fitrah = dasar yang sudah ada dalam diri/kondisi yang dibawa sejak lahir
Tidak ada fitrah yang jelek, banyak fitrah yang dimatikan sejak dini
Contoh fitrah anak
Anak suka bergerak - disuruh duduk tenang
Anak suka bertanya - disuruh diam/tidak banyak bertanya
Anak suka bangun subuh - disuruh tidur lagi
Bagaimana membangun fitrah
0-6 tahun : penguatan dan merawat fitrah sebagai dasar dengan imaji positif
7-10 tahun : penumbuhan dan pengembangan fitrah dengan eksplorasi, aktivitas, dan logika
11-14 tahun : penguatan dan pengujian fitrah sebagai eksistensi dengan ujian nyata kehidupan
Aqil baligh : penyempurnaan fitrah sebagai peran/bagian dari peradaban
Apa yang harus dilakukan
0-6 tahun : menumbuhkan dan merawat fitrah anak dengan iman, adab, akhlak, belajar dan beraktivitas
7-10 tahun : coba berbagai aktivitas yang relevan dengan sifat anak, aktivitas harus enjoy dan easy
11-14 tahun : kokohkan anak dengan ujian kehidupan (sekolah asrama, latihan bisnis, mengembangkan minat)
Aqil baligh : biarkan anak mulai mandiri menjadi pohon bukan lagi tunas
Prinsip Pengembangan Fitrah
1. Menemani - bukan mengatur dan mengendalikan
2. Membangkitkan dan menyadarkan - bukan merekayasa dan mengajarkan
3. Memanfaatkan momen - lebih baik dari mengatur secara sistematis
4. Membuat program atau proyek bersama dengan siswa/anak sesuai kekhasan dan tahap perkembangan
5. Memastikan bahwa fitrah siswa "right on place" dan tumbuh subur selama mereka menjalani pendidikan
Fitrah manusia
1. Keimanan : masa keemasannya 0-7 tahun, baiknya melalui kisah inspiratif dan sesuatu yang mengembangkan imajinasinya
2. Belajar dan bernalar : masa keemasannya 7-12 tahun, belajar harus menyenangkan
3. Bakat dan kepemimpinan : masa keemasannya 10-14 tahun, anak tahu akan menjadi apa dan menjadi pribadinya seperti apa
4. Perkembangan : melalui setiap proses perkembangan sesuai usianya
5. Seksualitas dan cinta : bertindak, berpikir, berperan sesuai gender
6. Estetika dan bahasa : menampilkan diri, bertutur kata, menghargai dirinya dan orang lain, menyampaikan keinginan
7. Individualitas dan sosialita : mengelompokkan anak sesuai kekhasannya agar bisa menularkan kepribadian positifnya kepada teman sekelompoknya
8. Jasmani (fisik dan indera) : pada dasarnya semua anak senang bergerak jadi arahkan geraknya dengan mengutarakan alasannya
Wallahu alam bissowab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar